Kategori
Uncategorized

Risiko yang Ditanggung Jika Anda Tambah Perluasan Jaminan Asuransi Kendaraan

Risiko yang Ditanggung Jika Anda Tambah Perluasan Jaminan Asuransi Kendaraan.Banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Salah satunya adalah asuransi kendaraan. yang telah kita rangkum dalam Tequila-orendain

yang disupport oleh Login IDNPlay

Seperti namanya, asuransi ini memberi jaminan ganti rugi atas risiko yang dapat terjadi sewaktu-waktu, seperti kecelakaan, kebakaran, kerusuhan, banjir, bencana alam, kehilangan, dan sebagainya.

Premi yang dibayarkan untuk asuransi kendaraan cukup bervariasi. Tergantung jenis atau tipe asuransi kendaraan yang dipilih, apakah all risk atau total loss only (TLO).

Namun Anda perlu tahu bahwa biasanya ada beberapa risiko yang masuk dalam perluasan jaminan asuransi kendaraan. Berikut beberapa manfaat perluasan pertanggungan yang perlu Anda ketahui:

 

1. Tenang saat bencana alam melanda

Indonesia merupakan negara dengan potensi bencana alam sangat besar. Anda dan siapapun tidak akan pernah tahu kapan datangnya bencana alam, seperti banjir, angin topan, gempa bumi, dan tsunami.

Dengan mengambil perluasan jaminan, kerugian Anda akibat risiko bencana alam seperti di atas dapat dikover perusahaan asuransi. Misalnya mobil Anda kejebak banjir saat pulang kantor, atau rusak akibat gempa bumi.

Memang biaya asuransi bakal lebih mahal. Tetapi setidaknya membuat Anda tenang dan aman ketika bencana alam melanda tiba-tiba.

2. Kerusuhan dan terorisme tak terduga

Risiko lain di jalan raya adalah kerusuhan dan terorisme. Huru-hara dan kerusuhan muncul secara tak terduga dan bisa saja kendaraan Anda jadi korbannya.

Entah itu penyok, rusak berat, bahkan sampai hangus terbakar. Sudah pasti rugi besar kalau Anda tidak memiliki manfaat tambahan.

Tetapi bagi yang sudah terlindung manfaat tambahan asuransi kendaraan, khususnya untuk risiko huru-hara dan kerusuhan, tak perlu pusing-pusing dengan beban biaya perbaikannya. Sebab ditanggung asuransi kendaraan.

Pun dengan aksi terorisme dan sabotase. Dengan membayar premi perluasan, kendaraan Anda dijamin asuransi akibat risiko tersebut.

tjlkiaamoijvz0h1fcca - Risiko yang Ditanggung Jika Anda Tambah Perluasan Jaminan Asuransi Kendaraan Mobil terjebak banjir di jalan raya

3. Tanggung jawab hukum pihak ketiga

Risiko saat berkendara di jalan raya sangat banyak. Bukan saja melibatkan diri sendiri dan penumpang kendaraan Anda, tetapi juga orang lain.

Misalnya saja Anda mengalami kecelakaan dan menabrak mobil orang lain. Atau sudah menabrak mobil pengendara lain, juga menabrak warung di pinggir jalan lantaran Anda banting setir.

Nah, asuransi kendaraan dengan perluasan pertanggungan dapat menjamin kerugian tersebut. Tidak hanya untuk perbaikan mobil Anda yang rusak, tetapi juga tanggung jawab kepada pihak ketiga yang Anda rugikan. Baik biaya perbaikan sampai pengobatan bila pihak ketiga harus dirawat di rumah sakit.

4. Kecelakaan diri untuk penumpang

Manfaat tambahan pada asuransi kendaraan juga melindungi penumpang mobil. Jadi, tidak hanya berlaku untuk si pengendara saja, namun ke penumpang.

Jaminan ini seperti biaya pengobatan akibat kecelakaan misalnya. Tentunya kalau harus merogoh kocek pribadi, biayanya sangat besar. Tabungan Anda bisa terkuras habis untuk keperluan tersebut.

Selama Anda mengambil perluasan jaminan ini, kerugian finansial akibat hal-hal tak terduga tersebut tidak tanggung sendri. Tinggal mengajukan klaim, maka kerugian akan dkover perusahaan asuransi.

Tips Membeli Asuransi Kendaraan

x29xrujy4oytrloejkew - Risiko yang Ditanggung Jika Anda Tambah Perluasan Jaminan Asuransi KendaraanMembeli asuransi kendaraan harus teliti

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Sebetulnya Anda bisa mengira-ngira kebutuhan untuk asuransi mobil berdasarkan tipenya, yakni All Risk atau Comprehensive dan TLO.

  • All Risk atau Comprehensive

Memberikan jaminan atau ganti rugi atas mobil Anda untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan kendaraan.

  • TLO (Total Loss Only)

Memberikan jaminan atas mobil Anda bila terjadi kehilangan atau kerusakan d atas 75%. Kalau rusak sedkit, seperti mobil penyok maupun kaca spion patah, lecet, atau dcuri, kerugian tidak dapat dganti. Sepenuhnya dtanggung Anda.

2. Pertimbangkan tata cara klaimnya

Perusahaan asuransi yang baik, akan menangani klaim nasabahnya dengan segera dan secepat mungkin. Anda dapat mencari informasi ini dari rekan atau saudara yang menjadi peserta asuransi, atau dari internet, forum.

Risiko yang Ditanggung Jika Anda Tambah Perluasan

Sebaiknya tidak memilih perusahaan asuransi yang lambat, dan ribet prosedurnya dalam pengajuan klaim. Karena hanya akan membuat Anda rugi dan mengalami sejumlah masalah setelah terjadi risiko.

3. Sesuaikan dengan kondisi finansial

Besaran premi tentu akan mempengaruhi manfaat dan perlindungan yang Anda dapatkan nantinya. Maunya sih yang terbaik, mengkover seluruh risiko.

Namun biasanya produk asuransi yang demikian, preminya lumayan mahal. Jika gaji Anda pas-pasan, lebih baik cari yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

Tak perlu memaksakan dri mengambil asuransi kendaraan yang preminya mahal, namun mengorbankan pos pengeluaran lain yang juga penting, seperti kebutuhan sehari-hari atau pos pembayaran utang.

Mau Ajukan Perluasan Asuransi Kendaraan? Preminya Lebih Mahal
Risiko yang Ditanggung Jika Anda Tambah Perluasan

Ada manfaat, ada harga. Jika ingin mengambil perluasan pertanggungan pada asuransi kendaraan, tentu saja Anda harus siap membayar premi lebih mahal.

Pilih perluasan manfaat yang betul-betul Anda butuhkan. Misalnya daerah kantor Anda rawan banjir, maka beli manfaat tambahan yang mengkover risiko banjir saja.