Kategori
Uncategorized

Kerajinan Tangan dari Kepulauan Bangka Belitung dan Penjelasanya

Kerajinan Tangan dari Kepulauan Bangka Belitung dan Penjelasanya.Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkenal akan kekayaan alamnya yang sanagt indah dan sudah menjadi tujuan wisata yang populer.yang telah kita rangkum dalam Tequila-orendain 

yang di support oleh Login IDNPlay

Selain alamya yang mempesona, kerajinan tangan khas Belitung juga menjadi nilai tambah yang tidak boleh terlewatkan.

Memiliki beragam kerajinan tangan yang tersebar d berbagai wilayahnya, inilah beberapa kerajinan tangan d bangka belitung yang dibuat oleh penduduk lokal Bangka Belitung :

1. Songkok atau Kopiah Resam

Salah satu kerajinan tangan yang unik dari Bangka Belitung adalah Songkok atau Kopiah Resam. Uniknya Kopiah ini terbuat dari tanaman liar yang banyak d jumpai d Bangka Belitung, yaitu Resam.

Resam adalah sejenis paku pakuan tapi bukan paku tembok atau paku besi. Hidup d dataran rendah dan sedang. Tanaman resam ini banyak sekali tumbuh d hutan bangka seperti terdapat d kebun-kebun, pinggiran jalan dan sebagainya.

Proses pembuatan kopiah resam cukup memakan waktu yang cukup lama, karena harus melewati beberapa proses pengerjaan mulai dari memilah resam yang berkualitas – proses pengerikan – proses penyanyaman.

Kerajinan Kopiah Resam ini dapat dtemukan d desa pedindang (pangkalpinang), payung (bangka selatan) dan sangir (bangka tengah). Kopiah resam dapat dbentuk sesuai dengan permintaan. Misalnya bentuk topi, topi pantai, topi model dan sebagainya. Dapai dlihat d gambar. pakaian adat bangka belitung bisa anda jadkan sebagai informasi tambahan.

2. Kain Cual

Kain Cula adalah salah satu ikon Bangka Belitung yang cukup terkenal. Seperti halnya batik yang merupakan ikon dbeberapa kota pulau jawa. Kain Cual berbeda dengan batik, yang memiliki corak tersendri. Tersedia warna warni corak, ukiran, kualitas kain yang dapat anda bawa pulang sebagai oleh oleh Bangka Belitung.

Kerajinan tenun cual khas Muntok Bangka Barat, yang bermula dari kebudayaan d era Kerajaan Sriwijaya abad 18. Beberapa motif kain cual kebanyakan bermotif flora dan fauna antara lain ubur ubur, merak, bebek, kembang setangkai, kembang rumping, kembang rukem, kembang setaman, kembang kenanga dan motif gajah mada 2003.

Ada 9 motif asli dan sudah resmi d patenkan oleh pemerintah bangka belitung dan meluas ke skala nasional.Susunan motif kain tenun cual dan teknik tenun yang digunakan merupakan perpaduan anda budaya china dan melayu yang masih melekat di hasil karya kain cual tersebut. pakaian adat sulawesi tenggara bisa anda jadkan sebagai informasi tambahan.

3. Pewter Sourvenir Antik dari Timah

Bangka Belitung juga memiliki kerajinan tangan cantik yang terbuat dari olahan biji dan pasir timah, yaitu Pewter. Sudah dari zaman dahulu , Bangka Belitung terkenal akan timahnya.

Olahan biji dan pasir timat tersebut selanjutnya dbentuk menjad product yang memiliki nilai seni yang tinggi oleh tangan tangan profesional. Sebuah karya unik dan ukiran bernilai seni tinggi dtawarkan kedalam bentuk cinderamata yang terbuat dari perak.

Ada yang berbentuk seperti perahu layar, berbentuk cincin, kalung, gelang, dan hiasan lainya dapat dbuat sesuai dengan permintaan anda. Memang kalau soal harga bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dalam membuat dan proses pencetakan – penghalusan, dan sebagainya. Semakin sulit biasanya semakin mahal harga yang dberikan.

4. Kerajinan Kerang

Karena terkenal akan kekayaan lautnya, Belitung pun terkenal akan kerajinan kerangnya. Cinderamata ini pun d buat dari cangkang kerang yang dbentuk dan dhias untuk menyerupai hewan lainnya. Bentuk hewan yang paling sering dtemukan adalah penyu, kuda, dan juga burung.

5. Satam

Satam adalah souvenir khas Belitung yang dbentuk dari batu satam. Bentuk dan warna batu satam ini hitam dan bulat. Konon katanya, batu satam ini adalah hasil tabrakan meteor yang terkubur d muka bumi. Para penduduk Belitung menggunakan batu satam ini untuk membentuk sebuah cincin satam.

Kerajinan Tangan dari Kepulauan

6. Sumpet

Mirip dengan Songkok, Sumpet juga merupakan kerajinan tangan unik dengan menggunakan tumbuhan sebagai bahan utamanya. Sumpet merupakan kerajinan tangan dari suku tertua d Bangka Belitung, yakni suku Lom. Sumpet dbuat menggunakan tumbuhan pucot yang dapat dtemukan d rawa-rawa.

Demikianlah beberapa kerajinan tangan khas Belitung yang tidak kalah mempesonanya dengan alamnya yang indah.