Kategori
Uncategorized

BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih Baik

BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih BaikSaat pemerintah meluncurkan program asuransi kesehatan yang Dapat payungi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  Indonesia, banyak yang berpikir program ini akan “mengusur” kedigdayaan perusahaan asuransi kesehatan swasta di tanah air. Namun ternyata pikiran ini termasuk salah karena produk-produk asuransi kesehatan swasta masih diminati. Bahkan ada orang yang menjadi peserta BPJS dan asuransi kesehatan swasta sekaligus!

http://tequila-orendain.com/

AGEN388 INDONESIA

Berikut Sembilan poin penting perbedaan yang mendasari program BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan swasta. Mungkin bisa jadi pertimbangan buat Anda apa akan tetap setia pada asuransi kesehatan swasta, atau BPJS, atau malah dua-duanya.

1. Besaran Premi

eg27hhzhm8fnonudprts - BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih Baik

Besaran Premi via cloudfront.net

Dari sisi ini, perbedaan yang muncul antara lain:

Asuransi Kesehatan Swasta

Premi untuk asuransi swasta terbilang cukup mahal dan sulit djangkau untuk kalangan menengah ke bawah. Peserta asuransi kesehatan harus membayar premi hingga ratusan ribu rupiah perbulan dan itu juga tergantung jenis asuransi kesehatan mana yang dambil dan dari perusahaan asuransi mana. Premi dbayar dengan jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.

Sekedar informasi:

  1. Makin tua umur peserta maka preminya akan semakin mahal.
  2. Premi juga akan semakin mahal jika peserta yang dasuransikan adalah seorang perokok.
  3. Ada perbedaan harga premi untuk peserta laki-laki dan perempuan

BPJS

Iuran untuk BPJS Kesehatan termasuk sangat murah dan terjangkau. Untuk pekerja, sebagian besar iuran itu ditanggung oleh perusahaan, sementara untuk veteran dan fakir miskin, iuran BPJS dbayar secara penuh oleh pemerintah.

Sementara itu, untuk pekerja non formal seperti pedagang, nelayan, pengangguran, atau freelancer, iuran BPJS juga sangat terjangkau karena minimal mereka bisa membayar Rp 25.500 rupiah per bulan untuk perawatan kelas III di rumah sakit.

Oh ya, iuran BPJS ini ditarik setiap bulan dan ada denda sebesar 2 persen dari total iuran seandainya Anda telat membayar.

Informasi lainnya TETENTANG BASARAN :

  1. iuran antara peserta tua dan muda
  2. premi antara peserta yang perokok dan bukan perokok
  3. premi antara peserta yang laki-laki dan perempuan

2. Segi Manfaat

gvf4mxsxhvss7qoql1w0 - BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih Baik

Segi Manfaat via mczuiderzee.com

Dari Segi Manfaat, perbedaan yang ada yaitu sebagai berikut:

Asuransi Kesehatan Swasta

Mayoritas asuransi kesehatan memberikan manfaat untuk rawat inap seperti kamar, operasi, ambulan, obat, jaminan kematian, kunjungan dokter dan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan perawatan pasien  rumah sakit. Ada juga fasilitas asuransi yang menawarkan rawat jalan setelah menjali rawat inap, dan itu memang satu paket dengan rawat inap.

Ingin asuransi untuk membantu pembayaran rawat jalan? Nah Anda mengharuskan membayar sejumlah premi lagi dan itu cukup mahal. Selain itu asuransi kesehatan tidak memberi fasilitas untuk optik, gigi, dan kehamilan.

BPJS

Bisa dibilang BPJS memiliki manfaat fasilitas kesehatan yang cukup lengkap. Selain rawat inap, BPJS juga menerima rawat jalan, optik, gigi, dan kehamilan.

Menariknya lagi BPJS memberi manfaat untuk layanan promotif dan preventif seperti penyuluhan, imunisasi, dan keluarga berencana. Selain itu ada manfaat non medis seperti ambulan. Bisa dbilang manfaat yang dberikan BPJS lebih lengkap banding asuransi kesehatan swasta.

3. Plafon

dtamtm0nvsrt4djyceia - BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih Baik

Segi Plafon via lifebridgehealth.org

Dari Segi Plafon manfaat, ada perbedaan yang jelas dari keduanya, yaitu: