Kategori
Minuman Keras

Berikut Ini Beberapa Jenis Alkohol Dan Kadar Alkohol Di Dalamnya

Berikut Ini Beberapa Jenis Alkohol Dan Kadar Alkohol Di Dalamnya

Seperti yang sudah di ketahui khalayak umum jenis alkohol dalam minuman keras ada banyak dan beragam. Biasanya berbagai minuman ini memiliki bahan dasar yang berbeda-beda. Minuman beralkohol merupakan minuman yang mengandung etanol, bahan psikoaktif yang bisa menyebabkan penurunan kesadaran jika kita mengkonsumsinya.

Minuman ini di buat dengan proses yang panjang untuk menghasilkan cita rasa yang di inginkan. Berbagai jenis alkohol dalam minuman keras ini punya kadar alkohol yang berbeda-beda. Semakin tinggi kadar alkohol, semakin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang akan menyerangmu. Karena itu penting untuk mengetahui kadar alkohol dalam minuman keras ini.

Jenis alkohol dalam minuman keras biasa di bagi berdasarkan kadarnya. Dari golongan A yang mengandung seitar 1-5% alkohol, golongan B yang mengandung sekitar 5-20% alkohol, dan golongan C dengan kandungan alkohol paling tinggi, yakni sekitar 20-45%.

Di lansir dari laman tequila-orendain.com, berikut rangkuman dari berbagai sumber, jenis-jenis alkohol dalam minuman keras.

1. Bir

Di kutip dari laman Poker77 Apk, jenis alkohol dalam minuman keras yang pertama adalah bir. Bir merupakan salah satu jenis alkohol dalam minuman yang paling populer di dunia, dan bahkan cukup sering di konsumsi. Bir kemungkinan merupakan minuman beralkohol tertua dalam sejarahnya, Seperti di lansir dari Alcoholrehabguide.

Alkohol jenis ini sendiri termasuk ke dalam minuman keras golongan A (kadar alkohol yang paling rendah) dengan kadar mulai dari 4 hingga 6 persen. Bir di buat dari hasil fermentasi biji-bijian seperti gandum, beras, jagung, dan lain sebagainya. Di lakukan brewing dalam proses fermentasinya.

2. Wine

Jenis alkohol dalam minuman keras yang tak kalah populer adalah wine atau anggur. Minuman ini sesuai dengan namanya di buat dari fermentasi buah anggur. Proses fermentasi ini biasa menggunakan bantuan ragi bernama saccharmoysces cerevesiae.

Untuk menghasilkan anggur dengan kualitas tinggi, di perlukan fermentasi dalam jangka waktu yang lama hingga berbulan-bulan. Bahkan beberapa jenis anggur di perkaya dengan alkohol yang di suling.

Contoh jenis anggur yang di suling seperti Port, Madeira, Marsala, Vermouth, dan Sherry. Jenis anggur tersebut biasanya memiliki sekitar 20 persen. Sedangkan kandungan alkohol dalam anggur sendiri lebih besar dari bir, yaitu 8 hingga 14 persen.

3. Vodka

Vodka merupakan salah satu jenis alkohol dalam minuman keras yang tidak kalah terkenal. Minuman ini terbuat dari biji-bijan yang di fermentasi. Vodka di buat dari penyulingan pati atau gula dari biji-bijian seperti gandum hitam, gandum, dan jagung yang sudah di fermentasi sebelumnya.

Awalnya, vodka di buat dari kentang yang di fermentasi. Kini vodka sudah di beri aneka perasa untuk menambah cita rasa.

Vodka termasuk dalam minuman dengan kadar alkohol yang tinggi. Cairannya yang bening tidak berwarna ini mengandung kadar alkohol sebesar 35 hingga 60 persen.