Kategori
Uncategorized

Aplikasi DANA: Kegunaan dan Kelebihan

Aplikasi DANA: Kegunaan dan Kelebihan,Menyimpan uang tunai dalam jumlah besar ke dalam dompet tentu memberatkan bila bepergian, misalnya saat berbelanja barang elektronik. Tentunya akan mengundang risiko keamanan tersendiri bila membawa uang banyak tunai keluar rumah. Perkembangan teknologi keuangan memungkinkan kita bisa menyimpan uang dan melakukan transaksi secara virtual. Salah satu penyedia layanan dompet digital adalah aplikasi DANA, besutan PT Espay Debit Indonesia Koe.

yang disupport oleh Login IDNPlay

Apa Itu Aplikasi DANA?

Pengertian Apa Itu Aplikasi Dana - Aplikasi DANA: Kegunaan dan Kelebihan
Sumber foto: DANA.id

Aplikasi DANA adalah platform dompet digital yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi dapat dilakukan secara non tunai, baik online maupun offline. Transaksi lewat aplikasi ini tentunya lebih praktis, cepat, dan tetap keamanannya tetap terjamin.

Untuk menggunakannya, kamu bisa download aplikasi DANA, melakukan register, lalu mengisi saldo melalui top-up lewat kartu kredit, debit, transfer bank, sampai Minimarket. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk pembayaran tiket di berbagai platform seperti Tix.id, Bukalapak, Blackberry Messenger, dan sebagainya.

Kegunaan Aplikasi DANA

Kegunaan Aplikasi DANA - Aplikasi DANA: Kegunaan dan Kelebihan
Sumber foto: DANA Blog Dompet Digital Indonesia

Tentu bukan tanpa alasan banyak orang yang mempercayakan berbagai transaksi elektronik menggunakan aplikasi DANA. Kegunaan aplikasi ini bisa kamu simak di bawah ini:

1. Kegunaan Umum Aplikasi DANA

DANA adalah aplikasi dompet digital yang kehadirannya mempermudah penggunanya dalam melakukan transaksi, tanpa harus membawa banyak uang. Cukup dengan mengisi saldo, pengguna bisa membelanjakan berbagai kebutuhan layaknya membawa uang asli dengan DANA. Amankah Aplikasi dana? Keamanan aplikasi ini pun dijamin 100% sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehilangan saldo atau kehilangan uang tanpa persetujuan.

Kehadiran DANA sebagai dompet digital turut meramaikan persaingan bagi beberapa dompet digital lain seperti OVO, GoPay, Linkaja, dan sebagainya. Banyaknya tawaran dompet digital tentu akan menguntungkan konsumen dalam memilih produk terbaik dengan persaingan industri fintech yang semakin ketat. Sudah tahu kan apa kegunaan aplikasi dana?

2. Kegunaan Saldo dalam Aplikasi DANA

DANA tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi online, melainkan juga offline. Untuk apa saja konsumen menggunakan aplikasi ini? Berikut berbagai fungsi aplikasi DANA yang patut kamu ketahui:

1. Bayar Tagihan Bulanan

Setiap bulan tentu kita memiliki tagihan, entah itu tagihan air, listrik, asuransi, BPJS kesehatan, internet, dan sebagainya. Sekarang kamu bisa membayar semua tagihan itu secara online, salah satunya melalui aplikasi besutan PT Espay Debit Indonesia Koe ini.

2. Beli Pulsa Handphone

Pulsa handphone seolah jadi kebutuhan wajib di era internet seperti sekarang. Pasalnya kamu baru online di dunia maya setelah pulsa terisi atau paket internet sudah terisi. Bila pulsa mendadak habis pada tengah malam, kamu tidak perlu khawatir karena bisa melakukan isi ulang melalui DANA. Jadi bisa langsung online lagi setelah pulsa atau paket data terisi.

3. Belanja di Berbagai Merchant Offline

Aplikasi DANA bisa digunakan untuk apa saja, bak transaksi online maupun offline. Sekarang ini sudah banyak merchant yang bekerjasama dengan dana dan kamu bisa melakukan metode pembayaran secara offline. Pihak penjual akan meminta nomor handphone kamu untuk melakukan transaksi. Selanjutnya akan muncul notifikasi kalau transaksi berhasil dilakukan. Aplikasi ini juga lumayan sering mengadakan promo-promo menarik untuk memanjakan pelanggan. Tertarik untuk daftar DANA?

4. Top Up Saldo Investasi

Selanjutnya, fungsi aplikasi DANA adalah untuk investasi, tidak hanya untuk belanja. Hanya saja kamu harus mengunduh aplikasi reksadana pasar uang Xsaver terlebih dulu. Bila sudah, buka aplikasi dan pilih opsi Top Up pada layar utama. Masukkan nominal saldo yang diinginkan untuk top up, lalu pilih DANA sebagai metode pembayarannya. Kamu bisa berinvestasi bermodal Rp50 ribu saja, dan hasilnya relatif menguntungkan.

Dari penjelasan di atas kamu tentu tahu bahwa aplikasi DANA bisa digunakan untuk apa saja dalam dunia transaksi

Daftar Produk dan Fitur yang Ditawarkan

Daftar Produk dan Fitur yang Ditawarkan di DANA - Aplikasi DANA: Kegunaan dan Kelebihan
Sumber foto: fredyngahu via Shutterstock

Secara garis besar, terdapat dua fitur utama dari aplikasi DANA yakni Wallet alias dompet digital dan Kirim & Minta DANA. Sebagai catatan, saat ini DANA bukan dan tidak memiliki fitur aplikasi pinjaman online bunga rendah. Jadi, jangan sampai salah, ya!

1. DANA Wallet atau Dompet Digital

Fitur Wallet memiliki 5 menu yakni DANA Premium, Top Up, Simpan Kartu Bank, Tarik Saldo, dan Bayar. Masing-masing penjelasannya ada di bawah ini:

  • DANA Premium: jenis akun yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan hanya menggunakan akun biasa. Pada akun DANA biasa, maksimal top saldo Rp 2.000.000. Sementara pada akun premium maksimal saldo hingga Rp10 juta
  • Top Up: Isi saldo DANA mudah di mana & kapan saja, salah satunya melalui transfer bank
  • Simpan Kartu Bank: simpan kartu bank untuk bayar lebih mudah dengan menyambungkannya ke Aplikasi DANA
  • Tarik Saldo: layanan tarik tunai saldo DANA melalui agen, Alfamart, Lawson, dll
  • Bayar: gunakan aplikasi DANA untuk berbagai keperluan seperti membeli pulsa, bayar listrik, maupun pembayaran transaksi di merchant yang bekerjasama dengan DANA

2. Kirim dan Minta DANA

Sementara, fitur Kirim & Minta DANA yang merupakan pengiriman dan penerimaan uang memiliki beberapa menu yakni Ke DANA, Ke Bank, Ke Link, Minta DANA, dan DANA Kaget. Penjelasan masing-masing menu di bawah ini:

  • DANA: kirim uang gratis antar DANA
  • Bank: kirim uang gratis antar bank
  • Link: kirim uang gratis lewat chat
  • Minta DANA: cara gampang terima uang transferan
  • DANA Kaget: fitur berbagi saldo DANA kepada teman-teman dan kerabatnya dalam satu waktu secara bersamaan

3. Fitur Lainnya: DANA Bisnis dan DANA Enterprise untuk UMKM

Selain untuk penggunaan personal, DANA juga memiliki program untuk UMKM dan pelaku Bisnis Makro & Waralaba melalui produk DANA Bisnis dan DANA Enterprise. Penjelasannya keduanya ada di bawah ini:

  • DANA Bisnis: sebuah solusi dari DANA untuk membantu kebutuhan pembayaran Bisnis kamu. Kamu bisa menerima pembayaran non-tunai (cashless), serta meningkatkan proses dan produktivitas Bisnis kamu.
  • DANA Enterprise: Solusi lengkap untuk upgrade sistem pembayaran. Pantau perkembangan bisnismu dengan mudah

Bagaimana, sudah tahu kan tentang aplikasi DANA? Untuk lebih jelasnya kamu bisa kunjungi DANA web atau unduh aplikasinya langsung.

Cara Kerja DANA

Cara Kerja DANA - Aplikasi DANA: Kegunaan dan Kelebihan
Sumber foto: Shalstock via Shutterstock

Fitur pembayaran Aplikasi DANA melalui ‘Scan QR code’. Biasanya kamu akan melihat mesin kotak kecil di meja kasir beberapa outlet yang merupakan mesin pemindai QR code, mampu menyelesaikan transaksi hanya dalam hitungan detik.

Cara kerjanya amat sederhana, kamu bisa membuka aplikasi DANA lalu tinggal klik ‘Pay’ berlogo QR code yang ada di bagian bawah aplikasi. Tempelkan layar smartphone yang telah berisi QR code tepat di atas mesin pemindai tadi, lalu masukkan kode pin kamu.

Sistem ini mirip dengan aplikasi absensi online yang sedang marak, yang mana karyawan dan siswa bisa melakukan check-in dari smartphone. Asalkan facial recognition dan lokasi GPS masih sesuai dengan aturan kantor. Sudah tahu kan cara menggunakan ?

Cara Pakai Aplikasi DANA Dompet Digital

Cara Pakai Aplikasi DANA Dompet Digital - Aplikasi DANA: Kegunaan dan Kelebihan
Sumber foto: DANA Blog Dompet Digital Indonesia

Untuk bisa menikmati layanan aplikasi ini, tentu kamu harus mengunduhnya terlebih dulu. Cara download bisa kamu lakukan di Play Store. Apa yang harus dilakukan setelah mengunduh DANA? Ikuti langkahnya di bawah ini.

1. Cara Registrasi atau Buat Akun di DANA

Setelah download aplikasinya, kamu bisa registrasi/daftar DANA supaya bisa menggunakannya. Caranya sebagai berikut:

  • Pertama, buka setelah berhasil menginstal
  • nomor telepon yang masih aktif, klik “Lanjut”
  • Selanjutnya masukan kode OTP 4 digit yang dikirimkan DANA Via SMS ke nomor yang kamu masukan tadi
  • Nanti muncul halaman kode promo, lewati bila tidak ada
  • nama lengkap atau nama panggilan kamu dan foto kamu, lalu pilih “Daftar”
  • Kamu akan membuat enam digit PIN untuk keamanan akun DANA, lalu klik “Lanjut”
  • Sekarang kamu bisa login DANA.
Selain informasi , kamu juga bisa membaca artikel lainnya tentang industri fintech hingga insurtech terkini. Bagaimana caranya?Ikuti terus tequila-orendain supaya kamu bisa mendapatkan informasi seputar investasi, keuangan, dan gaya hidup terkini. Jadi, apakah kamu tertarik untuk download dan menggunakan aplikasi DANA?